Ads 468x60px

Jumat, 08 Februari 2013

Dream Theater Siap Buat Album Baru

Hanya satu tahun empat bulan sejak merilis album “A Dramatic Turn Of Events”, DREAM THEATER sudah bersiap-siap menggarap album baru lagi. Setumpuk materi baru nampaknya sudah disiapkan untuk direkam, karena John Petrucci dkk kini sedang mempersiapkan peralatan dan studio untuk merekam kepingan kedua belas mereka.




DREAM THEATER kerap memanfaatkan waktu soundcheck di sela-sela show mereka untuk nge-jam dan merekam ide-ide mereka. Setelah tur usai mereka kemudian menindaklanjuti ide-ide tersebut untuk album baru. 

Bulan Desember 2012 lalu, John Petrucci sempat menceritakan proses penulisan lagu-lagu baru mereka. “Kami rencananya masuk studio bulan Januari [2013]. Ada banyak ide yang muncul selama kami tur dan sudah kami kumpulkan. Sejak aku kembali ke rumah dari tur, aku punya waktu luang yang kupakai untuk menulis dan merekam demo. Visi untuk album baru sudah ditentukan.” Kata John kepada Metal Insider. 

Drummer Mike Mangini juga terlibat dalam proses produksi album baru ini sejak awal. Mike sebelumnya tidak terlibat dalam penulisan lagu di album “A Dramatic Turn Of Events”. “Waktu itu kami menulis lagu selama 2,5 bulan tanpa Mike. Dia cuma merekam saja apa yang sudah ada.” Kata John 

Mike Mangini memang hanya memainkan materi yang sudah dibuat oleh DREAM THEATER dalam demo. Mike sudah ditetapkan menjadi drummer DREAM THEATER sejak November 2010, namun dalam proses penulisan lagu untuk album "A Dramatic Turn Of Events" yang berlangsung pada awal 2011, Mike tak ikut terlibat.

Meski sudah siap menggarap album baru, namun John masih belum bisa menentukan kapan album ini akan dirilis. “Aku belum tahu. Ini schedulenya sama dengan waktu kami menggarap “A Dramatic Turn Of Events”. Dan waktu itu rilisnya bulan September [2011]. Masih terlalu awal untuk memastikan apakah album baru ini akan keluar bulan September juga. Paling tidak, kami baru akan selesai menggarap lagu, rekaman, mixing danmastering pada sekitar bulan May [2013]. Setelahnya ada serentetan festival musim panas di Eropa.” Ujar pria yang punya keturunan Italia ini. 

Album “A Dramatic Turn Of Events” dirilis pada 13 September 2011. Album kesebelas DREAM THEATER ini terjual sebanyak 36.000 keping pada minggu pertama rilisnya di Amerika Serikat dan duduk di tangga ke-8 chart Billboard 200. 

Sebuah tur bertajuk “A Dramatic Turn Of Events Tour” pun digelar oleh DREAM THEATER selama 14 bulan sejak Juli 2011 hingga September 2012 untuk mempromosikan album ini, di mana mereka juga sempat mampir menggelar konser di Jakarta pada 21 April 2012.

2 komentar:

  1. Keren gan, semoga albumnya Boommiingg.

    BalasHapus
  2. dari dulu paling suka sama Dream Theater! walaupun tua-tua!
    behahaha xD

    Ziarah balik ya?
    http://lutfiezard.blogspot.com

    BalasHapus